About Kami

Kami adalah sekumpulan warga yang peduli terhadap situ-situ  yang ada di Kota Depok, sebagai aset kota yang masih kurang diperhatikan oleh pemerintah. Persoalannya memang klasik, yaitu soal kewenangan. Pemerintah kota merasa tidak bisa berbuat lebih dari yang seharusnya ingin dilakukan karena persoalan kewenangan. Pengelolaan situ-situ adalah kewenangan pemerintah propinsi (Jawa Barat). Pemerintah kota akan disalahkan jika mengalokasikan anggaran yang bukan kewenangannya. Sementara, Pemerintah Propinsi Jawa Barat dirasakan belum berbuat banyak untuk mempertahankan situ-situ yang ada.

Karena itu,  pembagian kewenangan yang lebih jelas antara Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Kota, dengan  kewenangan yang lebih besar bagi pemerintah kota untuk mengelola situ-situ yang ada nampaknya merupakan  salah satu alternatif  yang sudah lama didiskusikan, tapi belum dapat terealisir.

Beberapa tahun yang lalu telah difasilitasi terbentuknya pokja-pokja situ. Para pengurus Pokja sempat bersemangat ketika Pemerintah Kota Depok mengalokasikan  dana untuk operasional Pokja sebesar Rp. 2,5 juta setahun. Ada kegairahan di tingkat pengurus Pokja, yang dapat dibuktikan dengan kondisi situ yang relatif nampak lebih terawat dan relatif lebih bersih. Namun,  aturan Pemerintah (Pusat) tidak membolehkan dana APBD dialokasikan untuk dana bantuan yang seperti itu.  Karena itu, alternatif lain yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah revitalisasi Pokja-Pokja Situ yang ada.

10 Comments on “About Kami”

  1. Aries Says:

    Assalamu’alaikum,
    Mohon informasinya, kalau mau konsultasi tentang pengelolaan situ bisa lewat admin di web ini, or ada contact person, alamat email or no telp yg bisa dihubungi? sy mhs DD-ILDM Unsri asal karawang, rencananya mau penelitian ttg situ di karawang…btw webnya banyak memberikan manfaat lho..terimakasih u informasinya..

  2. Kukuh Says:

    Ass.
    saya kukuh dari Mahasiswa Universitas Pancasila Jakarta jurusan Arsitektur, ingin memberi sedikit Ide desain kawasan yang terletak di Situ Sidomukti/Situ Baru Depok, kiranya bisa membantu dalam melestarikan situ-situ di kota depok.

    http://arsitektur.teknik.univpancasila.ac.id/index.php?option=com_content&view=frontpage&Itemid=1

    • Amanda Says:

      wa’alaikumsalam. Mas Kukuh, saya Amanda, saya memiliki informasi kontak berkaitan dengan pelestarian situ-situ di Kota Depok. Sekiranya bisa menghubungi saya di amandawrani@yahoo.com untuk selanjutnya
      Terima kasih..

      • menisa Says:

        selamat malam mba amanda, perkenalkan saya menisa, apakah anda masih memiliki kontak yang berkaitan dengan pelestarian situ di kota depok ? saya membutuhkannya utk penelitian saya. terimakasih atas informasiny mba amanda

  3. menisa Says:

    selamat malam

    perkenalkan, nama saya menisa, mahasiwi arsitektur lanskap IPB, saat ini saya sedang menyusun rencana penelitian manajemen ruang terbuka biru pada situ-situ di kota depok. Terimakasih banyak untuk kehadiran web ini, membantu sekali. Terkait informasi kondisi situ di depok yang kondisinya sangat buruk, bisa saya temukan dimana ya min ? apakah pokja ini mengetahui info tersebut? untuk kota depok sendiri, apakah sudah memiliki management plan terkait situ-situ di kota depok ?
    apakah email yang tercantum di atas terkait pokja ini masih aktif juga ? saya ingin berdiskusi lebih lanjut. Untuk siapapun yang memiliki informasi mengenai pengelolaan-pengelolaan situ di Kota depok bisa share info dengan saya melalui email menisasavira@yahoo.com🙂
    informasi dr teman-teman sangat membantu penelitian saya

    terimakasih

  4. Nurti Says:

    Saya Nurti, salah satu dosen dr STP Trisakti. Saya ingin meneliti tentang potensi wisata situ di Depok. Adakah CP yang bisa saya hubungi? Terimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: