Artikel Situ Bahar

PROFILE SITU BAHAR 

Sumber:  http://kreatif-kreatifitas.blogspot.com/ 21 Juni 2011

Lokasi dan Batas Wilayah

Situ Bahar terletak di Desa Sidamukti, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sukmajaya, Depok atau sebelah barat dari Jl. Raya Bogor Km 37.5. Secara astronomi, Situ Bahar terletak pada koordinat 6o19’00” – 6o28’00” Lintang Selatan dan 106o43’00”- 106o55’30” Bujur Timur. Batas-batas Situ Bahar diapit oleh 4 wilayah RW (Rukun Warga) yaitu :
sebelah barat Rw.022,
sebelah selatan Rw 02
sebelah utara Rw.015 dan sebelah
timur Rw.016 Kelurahan Sukamaju.

Iklim

Iklim pada daerah ini seperti kota Depok pada umumnya dan termasuk dalam daerah beriklim tropis dengan perbedaan curah hujan yang cukup kecil dan dipengaruhi oleh iklim musim, secara umum musim kemarau antara bulan April-September dan musim hujan antara Oktober-Maret.

  • Temperatur : 24,3-33 derajat Celsius
  • Kelembaban rata-rata : 82 %
  • Penguapan rata-rata : 3,9 mm/th
  • Kecepatan angin rata-rata : 3,3 knot
  • Penyinaran matahari rata-rata : 49,8 %
  • Jumlah curah hujan sebesar 327 mm/tahun
  • Jumlah hari hujan : 222 hari/tahun

Topografi dan Potensi lahan.

Pada awalnya, luas Situ Bahar adalah ± 4 Ha, namun sesuai dengan perkembangan jumlah penduduk dan pengagarap, kini tinggal ± 1.5 Ha dalam perincian, luas Situ 1,2 Ha sedangkan luas daratan disekelilingnya ± 0.3 Ha.
Kondisi topografi areal Situ Bahar sendiri relatif datar, Sebelah selatan merupakan daerah persawahan penduduk dan rawa, sebelh barat merupakan empang dan kebun garapan penduduk sedangkan sebelah utara dan sebelah timur dan utara merupakan derah tinggi dan merupakan derahperumahandanpemukiman penduduk.

Arah Angin .

Seperti telah diketahui bersama bahwa , wilayah Depok Jakarta sangat di pengaruhi oleh tiupan angin Musim Barat dan Musim Timur.

Tiupan angin bervariasi dari arah tenggara, Barat sapai Barat Daya, dengan kecepatan Kecepatan angin rata-rata : 3,3 knot rata-rata 5 – 10 km /j am.

Dalam priode bulan Desember s/d Februari sering terjadi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 km /-jam.

Musim Barat .

Dari balan Januari hingga April, Tiupan angin bervariasi dari arah Barat sampai Tenggara dengan kecepatan 7 –15 km /jam .

Musim Pancaroba .

April – Mei dan Oktober – November Tiupan angin pada umum nya variable dengan kecepatan lemah.

KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI WILAYAH

Secara umum pendududuk disekitar wilayah terbagi atas 2 (dua) bagian yaitu :

Sebelah Utara ( Perumahan Vila Pertiwi ) dan sebagian sebelah Timur dan barat merupakan penduduk pendatang sedangkan mayoritas penduduk asli setempat adalah sebelah Barat sebagian sebelah timur dan sebelah selatan.

Mata Pencaharian sebagian penduduk lokal adalah sebagai :
Petani/ penggarap ( Sawah, Ladang, Peternak kambing, petani Ikan hias dan Konsumsi, sebagian sebagai pencari ikan, baik dengan menjala/ menjaring ataupun memancing

Sedangkan sebagian lagi adalah penduduk lokal dengan bekerja sebagai buruh pabrik , tukang ojek, pedagang, tukang bangunan,dll.

FASILITAS DAN SARANA PRASARANA

Situ Bahar adalah salah satu Situ yang akan drencanakan dan dikembangkan sebagai ruang publik ( tempat wisata/ rekreasi ).

Pelestarian Situ memerlukan penangganan dan kepedulian yang lebih serius sehingga fungsi dan manfaat dari keberadaan Situ Bahar benar-benar dirasakan oleh masyarakat sekitar pada khususnya dan warga masyarakat Kota Depok pada umumnya.

Namun Fasilitas yang berada di kawasan Situ Bahar masih dikatakan sangat minim sehingga masih memerlukan perencanaan dan perancangan serta pembiayaan yang memadai sesuai dengan volume/ kebutuhan standar dan kondisional bagi kawasan situ itu sendiri.

Dengan demikian seluruh stake holder diharapkan dapat berpartisipasi dalam pelestarian dan pengembangan serta perawatannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: