Berita Situ Cilangkap

Oktober 2006

Setu Cilangkap dibenahi

Monitor Depok,15 Oktober 2006

CILANGKAP, MONDE: Ketua kelompok kerja (Pokja) Setu Cilangkap yang juga Ketua RW 03 Kelurahan Cilangkap, Jubaidi, mengklarifikasi isi surat pembaca dalam rubrik Tanpa Sampul Monde yang mengatakan bahwa setu tersebut sedang diuruk.

“Tidak benar informasi yang menyebutkan bahwa setu diuruk. Setu tersebut hanya dirapikan oleh PT Telaga Permai,” kata Jubaidi.

Ia menambahkan, sebelum aktivitas yang dilakukan oleh PT Telaga, telah terjadi pendangkalan pada setu. “Apalagi kalau benar pengurukan, tanahnya dari mana? Tidak ada aktivitas truk-truk yang membawa tanah dari luar.”

Ketika alat berat berupa deco datang sekitar 22 September, Pokja Setu Cilangkap mengaku tak dapat berbuat banyak. Mereka hanya mendapat pemberitahuan bahwa PT Telaga Permai telah mempunyai ijin untuk aktivitasnya itu, namun Jubaidi juga mengakui tidak pernah melihat ijin tersebut secara langsung.

Jubaidi menyatakan telah melapor ke lurah untuk menindaklanjuti hal ini. Namun prinsipnya, Pokja setu tak ada masalah selama prosedur telah ditempuh, hanya saja perlu tahu mengenai kelanjutannya.

Terpisah, Lurah Cilangkap Afredi, ketika dihubungi Monde via telepon mengatakan tak mau banyak berkomentar soal ini. “Yang pasti karena ada aktivitas, kita sudah memberitahu, menegur dan melarang pangusaha, namun kita tak memiliki wewenang menghentikan aktivitas,” kata Afredi.

Ia juga mengatakan telah menerima surat dari PT Telaga Permai bahwa aktivitas tersebut adalah pembenahan setu. Sedangkan menanggapi masalah perizinan, lurah mengatakan bahwa hal itu merupakan wewenang Dinas PU Bidang Pengairan.

Sementara itu Plt Kasubdin Pengairan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Welman Naipospos, belum dapat dimintai keterangan karena HP-nya tidak aktif ketika dihubungi Monde.(m-5)

November 2006

DPRD Depok Mempersoalkan Perizinan Pembangunan Situ

Sumber: http://berita.liputan6.com/,  03 November 2006

Anggota DPRD Depok dalam keterangan pers.

Liputan6.com, Depok: Anggota DPRD Depok, Jawa Barat, menemukan sejumlah bukti kasus penyimpangan perizinan pembangunan Situ Cilangkap yang dilakukan Wali Kota Depok Nurmahmudi Ismail. Anggota Dewan menilai Wali Kota Nurmahmudi kolusi dengan PT Binatama Ardi Karya, pengembang perumahan Telaga Permai Cilangkap terkait pengelolaan situ yang berada dikawasan perumahan itu. DPRD akan memanggil Nurmahmudi untuk mempertanggungjawabkan temuan itu. Demikian dibeberkan sejumlah DPRD Depok, Kamis (2/11).

Wali Kota Nurmahmudi telah mengeluarkan surat persetujuan pembangunan situ 25 September silam. Padahal izin pembangunan situ pernah dikeluarkan Pemerintah Provinsi Jabar dan telah habis pada 22 September. DPRD mengatakan, perpanjangan bukan kewenangan Wali Kota Depok, Tapi kewenangan Pemprov Jabar. Sejauh ini Nurmahmudi belum bisa dikonfirmasi mengenai keabsahan perizinan situ yang dikeluarkannya.(DNP/Nahyudi)

Desember 2009

Situ Cilangkap, Jadi Pusat Kegiatan Gerakan Perempuan Menanam Pohon

Sumber: http://www.koran-radar.com/ 11 Desember 2009

Keterangan Gambar : Situ Cilangkap senja Hari

Depok, Radar Online

Setelah sebelumnya diusulkan menjadi tempat wisata air, situ Cilangkap yang terletak di kelurahan Cilangkap kecamatan Tapos kota Depok, juga akan menjadi pusat kegiatan Gerakan Perempuan Menanam Pohon (GPMP).

Hal itu terungkap setelah ketua pokja Situ Cilangkap Jubaedi dan Sekretaris Lurah Cilangkap H.Tono Hendratno.S.Sos unsur Muspika dan Muspida Depok di undang oleh komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kota Depok di Komplek Kota Kembang, Kamis (10/12/2009) kemarin.

Menurut Ketua pokja situ Cilangkap,Jubaedi yang didampingi Sekretaris Kelurahan Cilangkap, H.Tono Hendratno.S.Sos kepada Radar Online diruang kerjanya, Jumat (11/12/2009) mengatakan, kegiatan gerakan perempuan menanam pohon rencananya akan di gelar pada 27 Desember mendatang.

Dalam kegiatan itu kata Jubaedi,akan di berikan berupa 10 ribu bibit ikan untuk ditanam ke situ serta 200 bibit pohon buah dan pohon keras produktif,” ujarnya.

Ditempat yang sama Sekretaris Lurah Cilangkap, H.Tono Hendratno menjelaskan, program ini merupakan program pusat yang di pusatkan di situ Cilangkap setelah sebelumnya dipusatkan di situ Cikaret Bogor Jawa Barat.

“Ini adalah peluang bagi masyarakat Cilangkap untuk mempromosikan diri agar usulan Situ Cilangkap dijadikan tempat Wisata air dapat terwujud,” ujar Tono, sembari menambahkan sebelum kegiatan berlangsung rencananya akan melakukan kerja bakti lingkungan sebagai bentuk persiapan dan keseriusan. ( S.Harahap/Asp)

Januari 2010

Pelihara Resapan Air, Situ Cilangkap Depok Dibersihkan

Sumber:  http://www.koran-radar.com/ 03 Januari 2010

Keterangan Gambar : Situ Cilangkap Senja Hari bakal Di usulkan Tempat Wisata

Depok, Radar Online
Mengawali kegiatannya di awal tahun baru 2010, warga Cilangkap di kecamatan Tapos kota Depok, Minggu pagi (3/1/2010) berbondong-bondong kerja bakti membersihkan berbagai saluran air dan seputar drainase disitu Cilangkap. Satu mobil khusus sengaja didatangkan dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air kota Depok, untuk mengangkut sampah lingkungan hasil dari pada kerja bakti itu.

Sejumlah petugas kebersihan, RT/RW dan ibu-ibu PKK kelurahan Cilangkap tampak sibuk dan antusias membersihkan setiap jumput rumput dan sampah yang menyumbat saluran. Turut hadir pula seluruh kepala kelurahan serta Camat Tapos Taupan Abdul Fatah.

Menurut Sekretaris Lurah Cilangkap,H.Tono kepada Radar Online menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka kerja bakti lingkungan agar masyarakat dapat menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Kegiatan sengaja di pusatkan di Situ Cilangkap mengingat Situ merupakan resapan air yang perlu di jaga kelestariannya.

Lebih jauh Tono menjelaskan, Depok merupakan salah satu daerah tangkapan air untk daerah Jabodetabek dan secara geografis merupakan daerah yang memiliki banyak setu dan sungai.

Tercatat sebanyak 30 situ yang satu persatu pengelolaannya sudah mulai tertata. Bahkan beberapa Situ semisal Situ Pengasinan, Situ Citayam, Situ Pedongkelan merupakan situ-situ yang sekarang mulai termanfaatkan lebih dengan dijadikannya area wisata air.

“Satu lagi yang bakal di usulkan menjadi wisata air adalah situ Cilangkap mudah-mudahan ajuan itu dapat terkabul,” ujarnya.

Sebagai mana di ketahui,kata Tono, Situ Cilangkap direncanakan bakal menerima bantuan bibit ikan dan tanaman pohon keras dan buah produktif.

Bantuan tersebut dimaksudkan agar situ Cilangkap dapat di berdayakan dengan budi daya ikan air tawar dan produksi buah-buahan, sehingga kedepan masyarakat petani ikan dan buah dapat mengelolanya dengan baik melalui pemberdayaan masyarakat di bidang pengelolaan situ,” Tandas Tono. ( Asep Nasrudin )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: