Situ Lembah Gurame

Situ Lembah Gurame

Lokasi: Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas Depok.

Warga Depok Berharap RTH Ditambah

Sumber:  http://www.depoknews.com/

[D-News] | Feb 14, 2011 | Komentar Anda

D-News | Sejumlah warga Depok, Jawa Barat, mengungkapkan harapan mereka agar Pemkot Depok memperhatikan dan menambah ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan tersebut agar udara menjadi lebih segar.

“Jangan hanya membangun perumahan-perumahan saja, tetapi juga siapkan lahan untuk ruang terbuka hijau,” kata warga Depok, Royke Kurniawan, Senin (14/2).

Ia mengharapkan agar hal tersebut menjadi perhatian utama seiring semakin panasnya suhu bumi. “RTH ataupun pembangunan taman-taman sangat penting untuk menyejukkan udara.”

Hal senada dikatakan Andri, warga Kecamatan Sawangan yang mengatakan udara di Depok sudah mulai panas, dibandingkan ketika dirinya mulai tinggal di Depok sepuluh tahun lalu. “Dulu udaranya masih sangat sejuk, tetapi sekarang sudah gerah.”

Untuk itu ia mengharapkan adanya pembangunan taman-taman hijau oleh pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pemanfaatan Taman Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok Argha DT mengakui RTH di Depok masih minim.

Argha mengatakan, hingga kini Pemerintah Kota Depok baru memiliki sedikit taman kota yang dapat dinikmati keluarga untuk bersantai.

Jumlah penduduk Depok menurut data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok mencapai 1,6 juta jiwa.

Ia menjelaskan pihaknya sudah memiliki rencana untuk membuat taman kota. Hanya saja, tutur dia, belum ada lampu hijau dari pemerintah kota untuk meloloskan rencana tersebut. “Kita sudah menerencanakan pembangunan taman-taman kota tinggal persetujuannya saja.”

Dikatakannya ada tiga lokasi yang akan dibangun taman yaitu di Lembah Gurame, Taman Jalur Proklamasi, dan Taman Jalur Merdeka. Di Lembah Gurame rencananya akan dibangun taman kota dan hutan kota berskala kecil. Bahkan akan dilengkapi pula dengan amfiteater yang dapat dimanfaatkan untuk acara kesenian.

Di Jalan Proklamasi, katanya, sudah tersedia separator selebar enam sampai tujuh meter yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan taman kota nantinya. Di lokasi tersebut memang sudah ada taman kecil, namun dinilai masih kurang memadai sehingga perlu ditingkatkan. [mi/mt]

5 Comments on “Situ Lembah Gurame”

  1. windi Says:

    saya ingin bertanya, sebelumnya saya membaca artikel mengenai rencana pembuatan taman yang juga akan dibangun amphiteater pada situ ini. apakh rncna tsb baru sekedar wacana atau memang sudh ada master plan untk pmbangunannya? trm ksh

  2. wanto Says:

    di sebelah mana ya Lembah Gurame??

  3. ujang dombret Says:

    disebelah lembah mujaer ngkali….


  4. boleh minta alamat lengkap lembah gurame

  5. Evie Novita Says:

    Depok Jaya atau dikenal juga dengan Depok Satu, berada di Rw 02 dan 03. Dekat dengan kompleks sekkolahan SDN Depok Baru 1,3,4 dan 7 juga dekat sekolah/gereja St. Theresia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: