Tri Mardi Rasa

Situ PengasinanTak Sekadar Wisata Air

Oleh: Tri Mardi Rasa

Sumber: http://www.agrina-online.com/ 12 May 2008

Ingin berwisata menikmati udara yang segar di seputar Jakarta sembari belajar tentang tanaman hias? Coba saja sambangi Situ Pengasinan di Sawangan, Depok.

Situ atau Danau Pengasinan menawarkan panorama alam desa yang terkesan sejuk dan damai. Situ ini menjadi sebuah obyek wisata air. Untuk menikmatinya tersedia fasilitas sepeda air, yaitu perahu yang digerakkan dengan menggenjot pedal. Sepeda air yang dicat dengan warna-warna ngejreng itu berbentuk hewan, seperti bebek, kuda laut, dan angsa. Kalau Anda tertarik mengelilingi danau, cobalah menyewa sepeda air. Tarifnya Rp5.000 per 15 menit.

Bersepeda air selama 15 menit cukup melelahkan. Hitung-hitung berolahraga. Selain itu pengunjung dapat menyusuri pinggiran danau yang sudah tertata rapi untuk ber-jogging. Jika lelah, memang tidak ada tempat duduk yang tersedia. Tapi bukan berarti pengunjung tidak bisa melepas lelah. Manfaatkan saja tepian danau dan areal di bawah pohon-pohon kelapa yang masih kecil untuk duduk-duduk sembari menikmati keindahan seputar danau seluas 6 hektar itu.

Sarana Belajar Saat Libur

Ke Situ Pengasinan jangan lewatkan untuk mampir ke Gon Ku Nursery. Di tempat ini banyak hal yang bisa didapatkan pengunjung dari mulai cara memelihara tanaman hias hingga bagaimana membuat suasana lingkungan menjadi asri dan indah. Sang pemilik Heri Syaefudin dengan senang hati menerima pengunjung yang datang.

Menurut Heri, selain menikmati keindahan situ, pengunjung dapat memanfaatkan lokasi ini sebagai sarana pembelajaran dan bermain pada akhir pekan. Di antaranya, belajar mengenal beraneka jenis tanaman hias, menanam bibitnya, memelihara dan melakukan perbanyakan dengan cara setek atau cangkok. Selain itu, pengunjung diajak untuk lebih tahu dan peduli tentang air dan konservasi lahan.

“Mengenal cara bertanam, konservasi air sejak dini langsung praktik di lapangan merupakan acara yang menyenangkan bagi anak-anak,” kata Heri. Konsep kembali ke alam inilah yang dikembangkan Heri beserta teman-temannya yang tergabung dalam Kelompok Tani dan Koperasi Maju Bersama. Alhasil, Situ Pengasinan tidak hanya sebagai lokasi wisata air saja tapi juga wisata pendidikan pengenalan lingkungan.

Pengunjung yang datang berombongan akan diajak belajar menanam dan konservasi lahan sekeliling situ. “Hal ini sangat relevan dengan beberapa bencana banjir yang salah satu sebabnya adalah kurangnya kepedulian masyarakat terhadap air dan konservasi lingkungan hidup sekeliling,” tambah Heri.

Kegiatan diawali dengan mengajak pengunjung berkeliling danau dan bermain. Dalam perjalanan tersebut, mereka sambil belajar tentang ekologi air dengan mengamati ekosistem yang ada di danau. Diharapkan, mereka akan tahu gambaran mengenai pentingnya sebuah situ, tanaman, dan resapan air.

Setelah puas berkeliling situ, belajar ekologi air, dan berdiskusi, mereka diajak ke kebun atau nurseri untuk belajar menjadi seorang petani tanaman hias. Yang paling mudah adalah belajar bagaimana mencangkok, menanam, menyetek tanam tersebut. Hasilnya pun boleh dibawa pulang sebagai buah tangan sekalian belajar merawatnya di rumah masing-masing.

Namun wisata tanaman hias ini belum digarap secara komersial. Jadi, kalau ingin berwisata sekaligus belajar tentang tanaman hias, sebaiknya membuat janji dulu dengan Heri. Kalau sekadar mengunjungi situ bisa-bisa saja, pengunjung pun tak perlu membayar.

Tri Mardi Rasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: